Rabu, 04 November 2015

Mau Belajar Membuat Film, Lihat Contoh Skenarionya Yuk!

Dibawah ini merupakan salah satu contoh skenario, yang sedang belajar membuat skenario semoga bisa membantu ya...

Film pendek ialah film yang memiliki durasi tayang tidak lebih dari 60 menit, dan skenario film pendek biasanya kurang lebih sepanjang 10 halaman. Saya akan menunjukkan skenario film pendek yang berjudul “Bolpoint”. Sebuah film pendek yang bercerita tentang Lukman, seorang manager yang harus segera menyerahkan berkas penting pada bosnya, tetapi ia selalu saja tertimpa kesialan ketika akan menandatangani berkas tersebut.

Skenario ini ditulis oleh Aldi Samosa Karim, seorang rekan yang sudah lama berkecimpung di dunia perfilman. Skenario ini ditulis pada tahun 2011. Berikut contoh skenario film pendek untuk 5 scene. OPENING CREDITS 
1. EXT. HALAMAN KANTOR – MALAM Sebuah gedung kantor menjulang tinggi. Lapangan parkir telah sepi. Di lantai teratas, sebuah jendela masih terang. Samar-samar masih terdengar SUARA BISING KENDARAAN. 

2. Int. Lobby depan – MALAM Sebuah lobby kantor yang memliki tiga buah elevator. Pencahayaan sedikit redup. Di sisi elevator terdapat lorong yang lebih gelap. 

3. Int. Tangga DARURAT – MALAM Sebuah ruang yang tidak begitu terang dan tidak begitu gelap.  Terdapat tangga yang hanya cukup dilalui maksimal dua orang menjulang. 

4. INT. LOBBY DEPAN – MALAM Pintu elevator terbuka. Terdengar bunyi BEEP. Kemudian pintu elevator tertutup kembali. Lampu penanda lantai di atas elevator berubah. 
 JUDUL: “BALPOINT”

5. INT. RUANG KERJA lukman – MALAM Sebuah ruangan kerja yang di dalamnya terdapat sebuah lemari kayu dengan pintu kaca transparan sehingga terlihat bagian dalamnya yang menyimpan buku-buku dan berkas-berkas yang berjejer penuh. Lemari tersebut bersandar di dinding yang Di sebelahnya terdapat sebuah kardek dua susun dengan kunci dan di atasnya diletakan sebuah vas bunga. 

Di dinding belakangnya tergantung sebuah lukisan bergaya ekspresionis. Di depannya terdapat sebuah meja dan diatas meja tersebut tertulis “MANAGER LUKMAN SARDI”. Dan merapat dengan dinding sebelahnya terdapat sebuah rak kayu terbuka yang berisikan berkas-berkas yang tertata dalam beberapa bantex yang bersusun. Rak-rak yang berjejer ditulisi tanggal-tanggal.

 LUKMAN (38), mengenakan kemeja dengan lengan yang digulung yang sudah tidak begitu rapi di tangan kirinya melingkar sebuah jam tangan mewah dan di saku kemejanya terdapat sebuah bolpoin berwarna hitam, sedang duduk di depan komputer sambil mengetik menggunakan keyboard yang terletak di atas sebuah meja kayu yang atasnya dilapisi kaca, dahinya berkeringat. Sebuah gelas berisi kopi terletak tidak jauh dari kanan keyboard, di sebelah kiri keyboard berjejer tiga buah ponsel, sebuah komunikator, sebuah smartphone dan sebuah ponsel yang lebih kecil. Di dinding belakang Lukman terpampang beberapa lukisan yang bergaya ekspresionis dengan warna-warna gelap. Di depan meja terdapat dua buah kursi yang dirapatkan ke dalam meja. 

Kemudian Lukman menekan tombol Ctrl+P di keyboardnya, namun tidak bekerja kemudian ia mengulang menekan ctr+p dan tetap tidak bekerja iapun mengambil flash disk dan mencopy data dan ia menuju ke ruangan karyawan. 

 Itu tadi contoh skenario film pendek dengan durasi kurang dari 30 menit. 

By: Chey Yuanita Photo Credit: Jonathan Kos-Read via Compfight cc 

Artikel ini saya dapatkan di http://www.idseducation.com...mau info lebih banyak silahkan berkunjung ke sana..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar