Sabtu, 17 Mei 2014

Kenalkan Cara Menggosok Gigi

Kenalkan Cara Menggosok Gigi

Bila sudah dikenalkan sejak dini, akan menumbuhkan kebiasaan menggosok gigi pada anak....Yuk kenalkan cara menggosok gigi!
Sesegera Mungkin
Anak perlu dikenalkan cara menggosok gigi sejak dini. Idealnya sesegera mungkin setelah gigi susu seri pertama tumbuh, atau ketika anak menunjukan ketertarikan pada kegiatan sikat gigi. Anak yang menirukan gerakan kita menggosok gigi berarti sudah tertarik dengan aktivitas menyikat gigi. Segeralah kenalkan. Umumnya, ketertarikan anak mulai terlihat di usia 2-3 tahun ketika gigi susunya mulai lengkap.
Sikat Gigi Khusus Anak
Agar ia lebih berminat, berikan sikat gigi yang memiliki desain menarik. Misal sikat gigi berbentuk binatang, warnanya yang cerah atau bentuk-bentuk yang lucu dan unik. Perhatikan pula sikat gigi khusus untuk anak-anak yaitu ukurannya kecil, berbulu lembut, berujung lengkung, dan bergagang rata atau lurus sehingga mudah digenggam anak. Paling baik jika sikat gigi yang kita gunakan memenuhi standar ADA (American Dentist Association)
Bantu Anak Melakukannya
Tah hanya mengenalkan, kita pun perlu mengajarkannya. Contohkan bagaimana menyikat gigi yang benar, yaitu dari gusi ke gigi dengan gerakan menyapu atau berputar searah untuk pemijatan sekaligus membersihkan gusi dan gigi. Bantu anak melakukannya, caranya dengan berdiri di belakang anak menghadap cermin atau berhadap-hadapan. Ajarkan secara perlahan sampai anak memahaminya. Tapi jangan langsung berharap anak mampu melakukannya dengan sempurna, sebab pada umumnya anak mampu melakukannya sendiri di usia 4 tahun.

Tidak Harus Pakai Pasta
Untuk anak, menyikat gigi dengan pasta bukanlah suatu keharusan. Namun dengan pasta lebih baik, karena memberikan efek kesegaran di mulut. Pilihlah pasta yang rasanta cocok dan aman untuk anak. Misalnya, pasta rasa buah jeruk.
Jelaskan Manfaatnya
Anak akan terdorong menyikat gigi apabila kita menjelaskan manfaatnya. Misalnya kita jelaskan kalau rajin sikat gigi maka giginya tidak akan bolong/berlubang,giginya putih, tidak bau mulut dan sebagainya. Penetahuan ini penting supaya anak rajin menggosok gigi tanpa dipaksa.
Bunsay...Ingat ya tak boleh memberikan obat kumur pada anak hingga ia berusia 7 tahun. Karena anak bisa saja menelan obat kumur tersebut yang dikhawatirkan dapat mengganggu pencernaan. Lagi pula, obat kumur merupakan antiseptik yang dapat membunuh bakteri. Padahal di dalam mulut kita ada bakteri baik dan jahat. Bila dipakai terlalu sering bakteri baik akan terbasmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar