Senin, 05 Mei 2014

Hidangan Utama (Main Course)


Main Course adalah hidangan pokok dari suatu susunan menu lengkap yang dihidangkan pada waktu lunch atau dinner, ukuran porsinya lebih besar dari Appetizer. Main Course bisa juga disebut Main dish atau Groce piece.

Komposisi Main Course: Komposisi pada Main Course untuk bahan hewani seperti daging adalah 175-225 gram, untuk sayuran adalah 75 gram, dan untuk garniture adalah 75 gram.
Bahan makanan yang digunakan untuk Main Course: Bahan makanan untuk Main Course adalah bahan yang berasal dari bahan hewani, seperti daging, unggas (ayam, bebek, kalkun), ikan (kakap, tuna, tenggiri), seafood (kerang, cumi-cumi, udang, lobster, kepiting.
 Sayurannya bisa brokoli, wortel, buncis, asparagus, bunga kol, sedangkan untuk garniture atau bahan makanan yang mengandung pati biasanya adalah kentang.
Bahan makanan untuk Main Course yang berasal dari Ayam :
Ayam merupakan salah satu bahan makanan hewani yang mengandung protein. Ayam yang diolah untuk masakan kontinental adalah jenis ayam pedaging, karena memiliki daging yang lembut dengan kualitas yang baik.
Kualitas Ayam yang Baik :
* Karkas ayam mempunyai daging yang lebih baik dari daging lainnya
* Karkas ayam utuh * Bagian paha tampak berisi dan tidak keras
 * Tekstur daging lembut dan berserat halus
* Tidak berbau.
Bahan pelengkap Main Course seperti Garniture dan Sayuran :
- Garniture : terdiri dari bahan makanan yang mengandung pati seperti kentang. Kentang bisa dibuat dengan bermacam metode memasak, misalnya kentang yang dibakar (Baked Jacket Potatoes), kentang yang digoreng (Chips Potatoes), kentang yang dipanggang dan dibentuk menyerupai kerucut (William Potatoes). Kentang juga dapat diganti dengan pasta seperti di Negara Italia yaitu Spaghetti atau bentuk pasta lain seperti lasagne dan maccaroni.
- Sayuran : sayuran yang biasa digunakan dalam Main Course adalah buncis, wortel, asparagus, brokoli, kacang polong, kapri, adas, bayam, tomat, bawang bombay, dll.
Macam-macam potongan sayuran :
 * Jardiniere/bentonete : berbentuk balok dengan ukuran 3x1x1 cm.
* Brunoise : berbentuk kubus kecil dengan ukuran 1x1x1 mm.
* Macedoine : berbentuk kubus kecil dengan ukuran 1x1x1 cm.
* Chopped : cincang kasar/halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar